Albert
Blog Universitas Komputer Indonesia

Tips Instal Kode Google Analytics Di Shopify

Tips Instal Kode Google Analytics Di Shopify
Google Analytics adalah layanan kode pelacakan gratis yang disediakan oleh Google untuk menampilkan data statistik pengunjung situs web termasuk untuk Shopify.

Google Analytics dapat mengumpulkan data pengunjung berdasarkan halaman mana yang dikunjungi, juga dapat mendeteksi apakah pengunjung berasal dari mesin pencari, jaringan iklan, jaringan bayar per klik, pemasaran email, atau juga dari tautan lain.

Google Analytics menggunakan kode pelacakan JavaScript yang disisipkan di situs web termasuk Shopify untuk mengetahui aktivitas yang terjadi di situs web Shopify Anda. baca juga tentang informasi spesifikasi teknologi terbaru

Instal Google Analytics di Shopify

1. Login ke Shopify Anda, dari admin Shopify Anda, klik Toko Online > Preferensi .
2. Tempel Kode Google Analytics kotak Google Analytics.

Jika Anda tidak memiliki kode Google Analytics, untuk membuatnya Anda dapat mengikuti panduan berikut.

1. Buka https://analytics.google.com/ terlebih dahulu.
2. Klik menu “ Admin ” di pojok kiri bawah, menu ini ditandai dengan ikon roda gigi.
3. Klik Buat Akun .
4. Pada Nama akun , isi yang mudah diingat dan rujuk toko atau situs Anda. Sedangkan di bagian berbagi data bisa Anda sesuaikan.
5. Klik Lanjut jika sudah selesai.
6. Pada bagian Property setup, isikan nama Property sesuai keinginan, kami sarankan dengan alamat website atau toko anda kemudian klik “ Tampilkan opsi lanjutan
7. Pada opsi Buat properti Universal Analytics , silakan aktifkan dengan menggeser tombol sakelar di sebelah kanan. Kami menggunakan Universal Analytics karena Shopify hanya mendukung yang ini bukan GA4 untuk sementara waktu.
8. Di URL Situs Web masukkan alamat situs web Shopify Anda. Kemudian pilih opsi Buat properti Universal Analytics saja . Di masa mendatang jika Shopify mendukung GA4, Anda dapat memilih Buat properti Google Analytics 4 dan Universal Analytics. Klik Berikutnya .
9. Pada Informasi bisnis isikan data sesuai dengan data bisnis Anda di Shopify. Klik Buat setelah itu.
10. Terima Perjanjian Persyaratan Layanan Google Analytics , dan pilih negara Anda. lalu klik “ Terima ”.
11. Salin kode pelacakan dan masukkan di Menu Shopify Google Analytics tadi. Berikut adalah contoh kode Google Analytics.


Itulah panduan cara install Google Analytics di Shopify. jika anda masih mengalami kesulitan, kami berikan dalam format video di youtube yang bisa anda tonton, atau mengunjungi web relasi kami di carispesifikasi
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 25 Agustus 22 - 10:17 WIB
Dalam Kategori : INSTAL, KODE, TRACKING
Dibaca sebanyak : 44 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback